Selasa, 11 Februari 2014

SMART CARD :)

Smart card
          Smart Cards adalah teknologi yang menggunakan teknologi Chip. Chip tersebut digunakan sebagai memory yang berfungsi untuk menyimpan, memperoses, dan mengolah data. Di Indonesia chip belum terlalu berkembang. Kebanyakn masih menggunakan magnetic stripe. Yang biasa digunakan untuk kartu ATM .


Keuntungan dari smart card
Kartu ini mempunyai data yang langsung terdapat pada kartu itu tersebut, tanpa tanpa menggunakan koneksi online di setiap reader, Kartu smart card mempunyai memory yang lebih besar dari pada kartu pengenalan pada umumnya. Smart card ini dapat memiliki lebih dari satu fungsi, yaitu : sebagai kartu telpon dan juga sebagai kartu pembayaran.

Kerugian dari smart card
Kartu ini mudah rusak di karenakan tempat penyimpananya yang umunya meningkatkan resiko rusak dari kartu tersebut, dan terdapat  di dalam kartu itu dapat di akses oleh developer penyedia layanan smart card.

Disain smart card


Perbedaan magnetic stripe dan chip
Magnetic stripe      : 
Sebagi memory ( hanya dapat menyimpan data )
Chip                    :
Dapat menyimpan dan memperoses data.
Memiliki memory dan microprosesor.
Keamanan lebih terjamin karena datanya dienskripsikan ( penyembunyian data asli )

Type-type smart cards
Smart card ada 3 macam, Yaitu :
Smart card contact
Kartu ini merupakan versi awal dari smart card, yang  beredar di eropa. Kartu ini adalah smart card yang mempunyai contact ship.
Kekurangnnya adalah :
~titik contactnya dapat rusak karena sering di gunakan
~ujung microcircuit dapat rusak billa kartu bengkok
~mudah di serang melalui titik contact kartu


contactless Smart card
Didalamnya contactless terdapat line board gold seperti antenna yang berguna sebagai penerimannya.


 Hybrid card
Type ini dapat menggunakan chip ataupun magnetic stripe, gabungan dari keseluruhan yang dapat dapat di gunakan ke duanya.



Terimakasih kpd kak ADITYA ABDI NUGROHO, yang telah memberikan pelajaran tentang pelatihan tentang SMART CARD,  kpa ANDRIANSYAH dan teman-teman, dan semoga apa yang telah kak ADITYA ABDI NUGROHO beriakan, semoga bermanfaat bagi kita semua. J













0 komentar:

Posting Komentar